Thursday, November 9, 2006

JIKA MESIN KENDARAAN TIBA-TIBA MATI DITENGAH REL

Mengapa jika mesin kendaraan bermotor tiba-tiba mati
di lintasan rel kereta api sulit dihidupkan lagi ?
Ternyata itu disebabkan adanya pengaruh gesekan
antara roda kereta dengan relnya. "Jadi, bukan
semata-mata karena sopirnya gugup sehingga tidak
bisa menghidupkan mesin kendaraannya, " kata Dr Ir.
Djoko Sungkono, kepala Laboratorium Motor Bakar
Teknik Mesin Institut Teknologi Surabaya (ITS).

Selama ini sering terjadi kendaraan bermotor
tiba-tiba mati mesinnya saat melintas di atas rel
kereta api. Itu terjadi terutama ketika ada kereta
yang mau lewat. Pengendaranya kesulitan menghidupkan
kembali mesin kendaraannya itu. Akibatnya, kendaraan
bermotor itu ditabrak
kereta dalam hitungan sekian puluh detik berikutnya.

Kasus terbaru adalah seperti yang dialami Rektor dan
Pembantu Rektor III Universitas Islam Darul Ulum
Lamongan. Keduanya tewas karena mobil yang sedang
melintas rel dihantam kereta api. Djoko lalu
mengingatkan, jika mesin mobil tiba-tiba mati di
atas rel, maka hendaknya penumpangnya segera keluar
dan mendorongnya . Jika tidak, akan sangat
membahayakan jika kereta segera lewat. Dan jangan
berusaha menghidupkan mesin! Yang anda lakukan
adalah, keluar! dan mendorongnya! Kalopun anda gak
sempat mendorong, setidaknya anda sudah berada
diluar kendaraan dan bisa sewaktu-waktu lari
menghindar.

Mengapa mesin bermotor susah dihidupkan? Kata Djoko,
terjadi impedansi yang ditimbulkan oleh pergesekan
roda kereta api dan relnya. Dan, impedansi itu yang
cukup untuk mengakibatkan mesin mobil yang mati
sulit menyala kembali. Kejadian itu terutama
berpengaruh pada mobil atau kendaraan yang berbahan
bakar bensin, meskipun kendaraan berbahan bakar
solar juga ada yang terpengaruh. "Pada kendaraan
yang berbahan bakar bensin, starternya digerakkan
oleh dinamo," paparnya. Dari dinamo ini dihasilkan
medan magnet yang selanjutnya menggerakkan mesin
mobil. Djoko mengatakan, hal tersebut tidak jadi
masalah bila mesin mobil tersebut tidak mati. Namun
bila mesin tersebut mati maka akan sulit untuk
dihidupkan lagi. Medan impedansi tersebut tidak
diperlukan jarak yang dekat untuk itu. Hal tersebut
sudah mulai dapat berpengaruh ketika kereta api
masih berjarak 1,5 km lokasi lintasan di mana
kendaraan bermotor itu melintas rel.

Jadi langkah terbaik yang harus dilakukan : dorong
kendaraan ( kalau mobil, segera keluar dari
kendaraan) anda dari rel kereta baru setelah itu
coba hidupkan kembali mesin mobil anda.

------------------
From: Suratno
Sent: Thursday, November 09, 2006 9:09 AM
Subject: [ELECTRICAL_RE] FW: JIKA MESIN KENDARAAN TIBA-TIBA MATI DITENGAH REL KERETA

No comments: