Monday, November 3, 2008

TV & Game Hambat Kecerdasan Anak

Kamis, 30 Oktober 2008 - 12:15 wib

Stefanus Yugo Hindarto - Okezone


LONDON - Tayangan hiburan televisi dan bermain game memang merupakan satu hiburan yang paling menyenangkan, apalagi bagi seorang anak yang sedang tumbuh.Tapi, sebuah studi di Inggris menyatakan kedua hal tersebut justru menghambat pertumbuhan anak, karena pikiran anak dapat menjadi "tumpul".

Seperti dilansir Dailystar, Kamis (30/10/2008) peneliti di King's College London mengungkapkan, kecerdasan anak berusia 14 tahun saat ini hanya setara dengan kecerdasan anak usia 12 tahun.

Penurunan tingkat kecerdasan itu disebabkan akibat pengaruh tayangan televisi dan game. Anak-anak yang seharusnya sedang dalam masa pertumbuhan itu, seringkali menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game dan menonton televisi ketimbang melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan kecerdasan.

Menurut Prof Michael Shayer dari King's College, kesimpulan tersebut didasarkan dari penelitian terhadap 800 anak dan remaja yang sering bermain game, baik di komputer maupun game konsol. Hasil penelitian menunjukkan telah terjadi penurunan kecerdasan, namun penurunan kecerdasan itu bukan dalam hal bidang akademis di sekolah. Di dalam bidang akademis, dengan ukuran ujian-ujian sekolah justru yang terjadi adalah tingkat kecerdasan anak terlihat meningkat, tapi dalam perilaku dan kecerdasan secara keseluruhan sebenarnya menurun.

Pola pendidikan yang ada saat ini hanya mementingkan bagaimana mempersiapkan anak sesuai dengan strategi ekonomi di masa depan, dengan kata lain mereka hanya mementingkan lulus ujian di setiap jenjang pendidikan. (srn)

No comments: