Wednesday, November 26, 2008

Tentang Sejarang Kungfu

Perkenalkan, kami dari I Sin Wu Yi

I Sin Berdiri tanggal 12 May 2008 dan merupakan wadah bagi mereka untuk berlatih, saling mengasah diri, bertukar pikiran,serta wadah berkumpul bagi aliran-aliran beladiri CMA sehingga dapat menyempurnakan diri dan menuju hidup yang harmonis dan lebih baik. prinsip I Sin adalah satu hati dalam meraih tujuan. dimana tujuan seorang praktisi CMA adalah IQ, SQ , dan EQ.

Arti dari I Sin sendiri adalah I (satu) dan Sin (hati), dimana dalam perguruan kami, kami saling mengasah diri dan menimba ilmu dengan konsep satu hati.

Basic dari perguruan kami adalah Chinese Martial Art, dimana kami adalah perguruan lintas aliran CMA. Dalam I Sin, kami memiliki 3 tingkatan yaitu Selendang Putih, Selendang Merah, dan Selendang Hitam. dimana masa belajarnya tidak terbatas. para praktisi yang dianggap mampu melewati ujian-ujian tersebut akan dinaikan tingkatannya.

Selain menimba ilmu dari CMA, di perguruan I Sin, kami juga mengedepankan ajaran moral dan terus mendorong agar para praktisi di bawah naungan perguruan kami agar lebih mendekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa. seperti yang kami yakini, seorang praktisi CMA akan sempurna ilmunya kalau praktisi tersebut mengembangkan IQ, EQ dan SQ nya. semua hal ini penting bagi perkembangan mental, perilaku dan tindak tanduknya dalam masyarakat. Dengan program yang kami buat, maka kami berkomitmen untuk membuat hidup lebih baik dan harmonis.

Sejarah singkat Kungfu

Wu Yi telah lebih tua dari peradaban. selama ada manusia di dunia, pasti ada perkelahian. dalam celah-celah inilah Wu Yi berkembang. Selain itu, tujuan untuk mengembangkan diri, dan meraih harmonisasi eksternal dan internal juga menjadi tujuan orang mempelajari Wu Yi.

Kungfu adalah istilah yang kita kenal sekarang merupakan istilah yang populer di tahun 1930 an. dalam sejarah Chinese Martial Arts, kungfu memiliki lebih dari 40 nama tergantung pada dinasti yang menaunginya.

Istilah Wushu yang dipopulerkan kembali oleh pemerintah China dikenal sejak abad ketiga sampai keenam masehi. istilah yang paling populer dari abad ketiga SM sampai abad ke 19 M adalah Wu Yi. Wu adalah teknik bela diri dan Yi adalah seni. dalam susunan semantik, kata wu yi lebih tepat daripada wu shu.

pada 7000 tahun yang lalu, bangsa China prasejarah telah menemukan berbagai jenis alat untuk membela diri baik terhadap sesamanya, suku lain, maupun dengan hewan. senjata-senjata yang berkembang antara lain tombak, pedang, golok, dll. pada masa damai, teknik mereka dipakai untuk tarian bela diri seperti tarian pedang.

Pada masa dinasti Hsia dan Shang (2000-1030 SM) telah ditemukan senjata tembaga dan kuningan, dan banyak terdapat penemuan arkeologi berupa teknik bela diri yang dipahat di cangkang kura-kura.

Pada dinasti Zhou (1030-480 SM) beladiri dinamakan Quan Yong dan Shou Po, dan pada jaman inilah lahir prinsip dan filosofi Yin Yang, Wu Xing, serta Pat Kua.

Pada jaman 3 kerajaan dan masa negara-negara berperang, dikenal Jiji dang xiang po. pertarungan diatas kuda dan teknik senjata berkembang pesan. pada jaman ini munculnya seni perang Sun Tzu.

Setelah Shi Huang Ti mempersatukan China tahun 221-207 SM, ia memperkenalkan Shou Po dan Jue Di.

pada jaman dinasti Han, istilah wu yi muncul dan sangat populer. pada jaman inilah diadakan pertandingan tinju dan gulat pertama di dunia.

sampai pada akhirnya Bodhidharma datang ke China dan melembagakan Kungfu sehingga muncul banyak aliran.

Jaman dinasti Tang, muncul Xiang Pu dan Jue Li yang merupakan leluhur dari bela diri sumo.Pada jaman dinasti Song muncul Wu Yi dan Wu Ji. Pendiri Song juga dikenal sebagai pendiri aliran Tai Zu, yang merupakan cikal bakal dari teknik Thai Boxing.

Jaman dinasti Yuan, dimana dinasti ini adalah penguasa dari luar China, sehingga melarang China mempraktekan bela diri, maka berkembanglah teknik tangan kosong. banyak juga ahli bela diri yang menyimpan ilmu mereka dalam seni akrobat, drama, pertunjukkan, dll, sehingga banyak bela diri yang berkembang menjadi seni pertunjukkan dan muncullah istilah tendangan sulaman, pukulan kembangan.namun gulat mongolia berkembang pesat. ada jaman ini seorang Jendral bermarga Chen berkelana ke Jepang dan mengajarkan kepada orang Jepang teknik yang bernama JuJutsu.

pada jaman dinasti Ming muncul Wu Yi dan Quan Fa. pada jaman dinasti Ching, banyak terjadi pemberontakkan. Shaolin baru didirikan di selatan (Fu Jian), dan menjadi tempat berkumpul para kaum revolusioner. lalu dihancurkan pemerintah, sehingga banyak pendekar yang berkelana ke luar China.

lalu pemerintahan Guo Min Tang mendirikan Guo Shu. setelah China dikuasai Komunis, maka seni yang berkembang adalah Wu Shu.

Nama Kung Fu sendiri dipopulerkan oleh almarhum Bruce Lee (Lee Siao Lung), saat dia mengadakan show di universitasnya dan berhasil mengalahkan beberapa pendekar dari aliran beladiri lain (Jepang). Siao Lung juga memenangkan kejuaraan karate se-amerika dan pada saat memenangkan turnamen karate terbuka (semua beladiri boleh ikut) itu, ia meneriakan kata2, "Wo Shi Zhong Guo Ren". setelah itu dia ditawarkan bermain film di Hollywood, lalu ke hongkong. pada saat itu demam kungfu mulai mewabah ke seluruh dunia.

berikut nama-nama yang pernah dipakai sebagai nama CMA

Jue Li Kekuatan Bertempur
Jue Di Gulat
Ji Ji Teknik bertarung
Wu Ji Teknik Bela diri
Xiang Pu Pertarunagn menanduk
Xiang Po Pertarungan antara
Shou Po Tinju
Zuo Jiao Mencengkram dan melempar
Quan Fa Teknik pukulan
Quan Shu Seni Pukulan




Bagi yang berminat latihan Kungfu

contact kami :
iwanto_chen@yahoo.com
021-6874 8743
0817 6505 498

No comments: