Monday, March 17, 2008

Meningkatkan Semangat Kreatifitas Lokal Lewat Java & Open Source

Berangkat dari rasa peduli sekelompok programmer Java mengenai banyaknya pihak yang belum sanggup untuk memiliki sebuah software administrasi di era informasi ini, maka pada tanggal 7-8 Maret 2008 yang lalu, komunitas Java User Group Indonesia mengadakan codecamp yang bertemakan: “Meningkatkan semangat kreatifitas lokal lewat Java dan Opensource”. Codecamp ini sendiri merupakan sebuah tonggak sejarah tersendiri bagi komunitas Java terbesar di Indonesia ini maupun komunitas I.T secara umum karena model acara seperti ini belum pernah diadakan sebelumnya.

Dalam acara selama 2 hari ini komunitas JUG-Indonesia membuat kerangka aplikasi opensource untuk Sistem Administrasi Sekolah yang dinamakan Dewantara. Setelah acara codecamp ini diharapkan aplikasi ini dapat dilanjutkan kembali dan para programmer berkolaborasi menggunakan infrastruktur internet. Acara Codecamp ini juga turut mengundang seorang ‘domain expert’ dalam bidang Sistem Administrasi Sekolah yang juga seorang praktisi IT yang saat ini bekerja di SMK Jaya Wisata untuk mempresentasikan mengenai modul-modul yang harus dimiliki oleh sebuah Sistem Administrasi Sekolah. Lewat codecamp ini komunitas JUG Indonesia juga sekaligus merayakan ulang-tahunnya yang ke-5.

Codecamp ini bisa terlaksana oleh karena dukungan dan sponsorship oleh rekan-rekan programmer Java yang berada di dalam dan di luar negeri serta perusahaan local seperti Meruvian, Artivisi dan tentu saja Sun Microsystems Indonesia.

Foto-foto dari acara ini dapat dilihat di:
http://picasaweb.google.com/jug.indonesia/JUGICodeCamp2008Day1
http://picasaweb.google.com/jug.indonesia/JUGICodeCamp2008Day2

Sedangkan detail mengenai Dewantara sendiri dapat dilihat di:
http://trac2.assembla.com/dewantara

Informasi mengenai kegiatan dan produk opensource yang dihasilkan oleh komunitas Java User Group Indonesia sendiri bisa dilihat di:
http://jug.or.id

Source :

http://www.foss-id.web.id/2008/03/17/meningkatkan-semangat-kreatifitas-lokal-lewat-java-open-source/

No comments: