Saturday, January 26, 2008

Suharto kembali membaik, masyarakat Indonesia menghubungkannya dengan mistik

Semenjak Presiden Suharto menunggu di pinggir kematian, banyak yang mengatakan bahwa bukanlah dokter dan mesin yang sudah menjaganya agar tetap hidup tetapi kosmos bala mistik yang tak dilihat.
Suharto, 86, seorang yang commit terhadap mistik,setelah pergumulan dengan sakitnya dua minggu yang lalu agaknya sudah hampir mencapai akhir, dan dokter yang merawat merasa terheran dan dibingungkan oleh kesembuhannya.
Diagnosa di antara mereka yang percaya di Solo, jantung kebudayaan Jawa, adalah bahwa bala gaib yang sangat kuat dalam badannya belum akan melepaskannya, bahwa ritual tertentu yang akan membersihkan jiwanya belum dilakukan, atau belum diperkenankannya masuk ke alam sana.
"Kekuasaan jiwa di dalam badannya menjaganya agar tetap hidup," kata Darsono, 34, seorang penganut spiritualisme yang biasanya berhubungan dengan hal-hal mistik, mengungkapkan satu pandanganl bahwa itu hal biasa.
"Jiwa Suharto disokong oleh kekuasaan mistik," kata Darsono, yang, seperti banyak orang Indonesia,hanya terdiri dari satu nama.
Indonesia adalah negara terlalu Muslim, yang paling banyak penduduknya di dunia dengan 240 juta orang.
Tetapi versi agama Islam yang dianut oleh kebanyakan orang dicampurkan dengan Hindu, Buddha dan khususnya animisme yang ada sebelum pedagang Muslim membawa masuk agama mereka abad ke12.

Sumber :
http://www.iht.com/articles/2008/01/25/asia/indo.php

No comments: