Saturday, September 15, 2007

Hati-Hati Penipuan Berkedok Order

From : hertanto
tanggal 14 Sep 2007 14:56:26 -0000

Rekan2 sekalian,

Peristiwa ini terjadi sekitar 3 hari yang lalu.....

Tiga hari yg lalu, isteri saya ditelepon oleh seseorang yg mengaku bernama
bu Hesti & tinggal di daerah Gunung Putri, Bogor. Dia ingin memesan sprei
sebanyak 400 pcs. Tentu saja isteri saya senang mendapat order tsb.

Barang tsb minta diantar ke rumahnya besoknya, dan akan dibayar cash saat
barang sampai di tempatnya. Saat isteri saya menceritakan, saya sudah
menaruh curiga.

Mengapa ? Karena begitu mudahnya dia pesan & tanpa menanyakan model, motif
maupun jenis bahannya. Dia hanya minta harga diturunkan, kemudian dg
mudahnya dia setuju.

Kemudian setelah barang yg dipesan siap, isteri saya mengontak lagi. Minta
agar uangnya ditransfer saja dulu, dengan alasan untuk keamanan. Dia setuju
& mengatakan besok pagi sekitar jam 8 akan ditransfer.

Besok pagi sekitar jam 8.30, isteri kontak lagi utk memastikan apakah
uangnya sdh ditransfer atau belum. Dia bilang sebentar lagi. Tidak berapa
lama, dia telepon & mengatakan bahwa uang sudah ditransfer, tapi antar bank
sehingga tidak bisa masuk hari itu juga. Kemudian dia bilang bahwa staf-nya
akan ambil barangnya ke tempat kami, tidak perlu dianter. Dan dia bilang
orangnya sudah jalan ke tempat kami dengan membawa bukti transfer.

Nah, dari situ kecurigaan saya bertambah. Akhirnya isteri telepon dia lagi
& mengatakan bahwa sebelum uangnya masuk ke rekening kita, barang tidak
bisa diambil. Jadi kami minta agar orangnya jangan ketempat kami dulu,
sebelum kami memastikan uangnya masuk.

Karena isteri saya ngotot, akhirnya dia mengalah & mengatakan dia akan
minta orangnya balik lagi.

Dan sampai hari ini, kami cek di rekening uangnya tidak masuk2 & orangnya
tidak telepon2 lagi. Oleh karena itu kami berkesimpulan bahwa hal ini
adalah suatu modus penipuan.

Semoga ini bisa jadi pelajaran & tidak ada teman2 yg tertipu dengan modus
seperti itu. Apalagi saat ini order pakaian/garmen sedang meningkat.
Tetaplah waspada rekan2.....

Wassalam,
Hertanto
http://www.hertantowidodo.blogspot.com

No comments: