Saturday, July 28, 2007

Relasi Kebenaran dan Statistik

KEBENARAN (yang) tidak ditemukan dalam statistik.......

ilustrasi;
Nasruddin ditangkap dan diajukan ke pengadilan dengan tuduhan bahwa
ia mencampurkan daging kuda kedalam sayatan daging ayam yang ia
hidangkan di restaurantnya.

sebelum menjatuhkan putusan, hakim ingin tahu berapa perbandingan
jumlah daging yang ia campur antara daging kuda dan daging ayam.
Nasrudin berkata, dalam sumpah," sama sama 50%, pak!

setelah pengadilan seorang sahabat bertanya apa maksud sebenarnya
dengan kata kata "sama sama 50%".
Nasruddin berkata," Satu kuda kedalam satu ayam."

ilustrasi lain;

Rombongan seratus penebang kayu bekerja di hutan selama enam bulan,
dan dua orang wanita mencuci pakaian dan memasak unutk mereka.

Pada akhir masa kerja itu, dua pekerja penebang kayu menikahi dua
wanita itu.

Apa yang dikatakan suratkabar lokal adalah bahwa dua persen laki
laki menikahi seratus persen wanita.

KEBENARAN (yang) tidak juga dapat ditemukan dalam logika.....

ilustrasi;

Dokter; "rasa sakit di kakimu itu disebabkan oleh umur tua."

Pasien; "Jangan anggap saya tolol. kaki yang satunya juga sama
tuanya."

ilustrasi lain;

Suatu hari seorang profesor filsafat di paris menyatakan diri
sebagai orang terbesar didunia dan ingin mendapat pengakuan dari
mahasiswanya dengan cara berikut;

"Manakah bangsa terbesar didunia?"

"Perancis tentu saja," mereka semua menjawab

"Dan manakah kota terbesar di perancis?"

"Jelas paris."

"Dan bukankah tempat terbesar dan tersuci diseluruh Paris adalah
Universitas?
Dan siapakah yang sangsi bahwa fakultas terbesar dan terhormat
disetiap Universitas adalah fakultas Filsafat?
Dan katakan pada saya, siapa yang memimpin fakultas filsafat?"

"Anda," jawab mereka bagai paduan suara.

KEBENARAN (yang) TIDAK JUGA DITEMUKAN DALAM ABSTRAKSI

ILUSTRASI CERITA;
Suatu hari Gensha yang terkenal mengundang ketua pengadilan untuk
minum teh.
Sesudah memberi salam, ketua pengadilan berkata," Saya tidak ingin
menyi-nyiakan kesempatan dengan membuang waktu atas kehadiran guru
besar.
Katakan pada saya, apa artinya apabila mereka mengatakan bahwa
kendati kita memiliki dalam kehidupan sehari hari, kita tidak dapat
melihatnya?"

Gensha menawarkan kue kepada ketua pengadilan itu.
Kemudian menyediakan teh.
Setelah makan dan minum, ketua pengadilan yang berpikir bahwa guru
belum mendengar pertanyaannya, mengulang pertanyaan itu.

"Ya, tentu saja," kata guru.
"Artinya begini; Bahwa kita tidak melihatnya meskipun kita
memilikinya dalam kehidupan kita sehari hari."

Orang yang tahu, tidak mengatakan,
orang yang mangatakan, tidak tahu.
Oleh karena itu orang yang bijaksana diam.
Orang yang pandai berbicara, orang yang bodoh membantah.

KEBENARAN (yang) TIDAK DAPAT DITEMUKAN DALAM KATA KATA....

ILUSTRASI CERITA;

"Saya sudah lama mempelajari spiritualitas" kata seorang tetangga
pada mullah Nasruddin.
"maukah kau datang kerumah saya dan berbicara dengan saya tentang
hal itu?"

Nasruddin tidak melakukan sesuatu.
Ia berpendapat bahwa orang itu, sesungguhnya mempunyai kemampuan
daya pikir lebih dari rata rata, tetapi ia juga menyadari bahwa
mustahil bahwa mistik dapat diteruskan kepada orang lain dengan
ucapan kata kata.

beberapa hari kemudian tetangga itu memanggil dari atap
rumahnya, "Mullah, saya perlu bantuanmu untuk meniup api saya. Bara
apinya mulai padam."

"Mengapa tidak," kata nasruddin.
"Napas saya siap membantumu. Datanglah kerumah saya dan kamu dapat
membawanya sebanyak kau dapat membawa."

ilustrasi lain

seorang pemimpin orkes sedang melatih kelompok orkesnya dan berkata
kepada pemain terompet," saya kira bagian ini harus lebih WAGNERIAN,
jika kamu tahu apa yang saya maksud, yaitu lebih tegas, atau lebih
kuat, dengan penuh penghayatan, lebih dalam, lebih...."

Pemain terompet menyela," Apakah anda ingin lebih keras lagi tuan?"

Yang dapat dikatakan oleh seorang pemimpin orkes yang kurang baik
adalah " Ya, itulah yang saya maksud."

KEBENARAN (yang) TIDAK JUGA DAPAT DITEMUKAN DALAM TEORI TEORI

ilustrasi;

Seorang manajer, yang baru saja kembali dari suatu seminar mengenai
motivasi, memanggil seorang karyawan ke kantornya dan
berkata; "Mulai sekarang kamu harus menyusun rencana dan mengontrol
pekerjaanmu. itu yang akan meningkatkan produktivitas. Saya yakin."

"Apakah saya akan dibayar lebih?" tanya karyawan.

"Tidak, tidak. uang bukanlah unsur pendorong dan kamu tidak akan
mendapatkan kepuasan dari kenaikan gaji."

"Baik, bila produksi saya meningkat, apakah saya akan dibayar lebih?"

"Perhatikan," kata manajer. "KAmu sama sekali belum mengerti teori
motivasi. Bawa pulang buku ini dan bacalah; Buku ini menjelaskan apa
yang sebenarnya mendorongmu."

Selagi melangkah pergi, orang itu berhenti dan berkata, "jika saya
membaca buku ini apakah saya akan dibayar lebih?"

ilustrasi lain;

Sepasang suami istri tidak tahu apa yang harus dilakukan terhadap
anaknya lelaki yang berumur 3 tahun yang irihati terhadap bayi adik
barunya. Mereka mendapat petunjuk dari buku psikologi anak.

Suatu hari ketika anak kecil itu sedang kesal hatinya, ibunya
berkata,"Ambil boneka beruang ini sayang, dan tunjukkan pada ibu
bagaimana kamu bersikap terhadap bayi."

Menurut buku psikologi anak itu, diperkirakan anak lelakinya akan
meninju dan meremas boneka beruang tadi.

tetapi anak tiga tahun ini memegang boneka beruang pada kakinya, dan
dengan senang mendatangi si bayi dan memukulkan boneka beruang itu
pada kepala si bayi.

Dan yang paling penting...

KEBENARAN (yang) DAPAT BERUBAH

Seorang penumpang tersesat diantara geladak kapal Atlantik yang
besar.

Ia akhirnya lari kepada seorang pramugari dan meminta bantuan unutk
menemukan kabinnya.

"Nomer berapa kabin bapak?" tanya pramugari.

"Saya tidak dapat mengatakan, tetapi saya akan tahu pada suatu
ketika, karena ada menara api disisi kapal,"

---------------------
dari : burunhantu

No comments: