Wednesday, June 6, 2007

Tiga Pemilik Warnet Resmi Masuk Rutan

Rabu, 06 Juni 2007
Tiga Pemilik Warnet Resmi Masuk Rutan


MALANG - Setelah dijebloskan ke rumah tahanan (rutan) sejak Kamis 1 Juni lalu, secara resmi Kapolwil Malang Kombes Pol M. Amin Saleh memberikan keterangan tentang kepastian penahanan tiga orang pemilik warnet yang diduga menggunakan software ilegal.

"Anda sudah bisa lihat sendiri, mereka telah mengenakan baju tahanan dan tadi (kemarin siang, Red) ketiganya sedang diperiksa penyidik," ungkap Amin saat melakukan sidak rutin ke rutan polwil siang kemarin.

Ketiga tersangka yang ditahan itu, lanjut Amin, telah mendekam di rutan sejak sepekan lalu. Tersangka berinisial AR, AC, dan EM ini ditahan menyusul terpenuhinya semua unsur yang memungkinkan seseorang untuk ditahan, karena khawatir mempersulit proses penyidikan. Misalkan menghilangkan barang bukti atau bahkan melarikan diri.

Dari pantauan Radar yang sempat menyaksikan ketiganya siang kemarin masuk ke ruang penyidikan, wajah mereka tampak pucat. Saat keluar dari sel tahanan menuju ruang penyidik, mereka telah disambut anggota keluarga yang hendak membesuknya. EM, tersangka wanita, tak segan-segan memeluk kerabat wanitanya.

"Sudah sabar ya, ini cobaan," tutur seorang kerabat wanita ini berusaha menenangkan EM yang tercatat sebagai pemilik warnet di Jalan Dieng, Sukun.

Hal yang sama juga diikuti AC. Suami EM sekaligus pemilik warnet di Jalan MT Haryono, Lowokwaru, ini seakan tak kuat menahan rasa sedih. Dia berusaha secepat mungkin masuk ke ruang penyidik. "Ayo, ngobrol di ruang dalam ae," katanya.

Kapolwil menambahkan, saat ini masih ada satu tersangka lagi yang belum bisa ditahan karena sedang sakit di RS. "Saya juga ragu, apa ini hanya upaya dia untuk menghindar. Karena saat panggilan pertama dia hadir, namun panggilan berikutnya mendadak sakit," ungkapnya.

Untuk memastikan kondisi kesehatannya, Amin memerintahkan penyidik memeriksa dokter yang merawatnya. Informasinya, pemeriksaan dokter dilakukan Kamis (8/6) besok. Sebagaimana diketahui, pemeriksaan tersangka sempat berulangkali gagal dilakukan, karena beberapa di antara mereka mendadak sakit saat akan diperiksa. (mas)

----
From : http://jawapos.co.id/index.php?act=detail_radar&id=163608&c=88

No comments: