Tuesday, April 3, 2007

Kepepet, Cahaya Ponsel Dipakai Saat Operasi [Medis]

Jumat , 23/03/2007 15:15 WIB
Kepepet, Cahaya Ponsel Dipakai Saat Operasi
Ardhi Suryadhi - detikInet

Hanoi, Apapun bisa dijadikan suatu alat bantuan jika sudah dalam kondisi terdesak. Salah satu contohnya, dengan apa yang dilakukan dokter salah satu rumah sakit di Vietnam yang menggunakan cahaya lampu dari ponsel untuk menyelesaikan operasi kelahiran.

Seperti dilansir Cellular News dan dikutip detikINET, Jumat (23/3/2007), hal itu terpaksa dilakukan tim dokter karena ketika tengah dilakukannya operasi caesar lampu di kamar operasi tiba-tiba mati, padahal saat itu sedang dalam tahap krusial bagi si calon ibu.

Sialnya, generator yang biasa dijadikan sumber energi pengganti juga tidak menyala. Kontan, demi menyelamatkan kedua nyawa tersebut tim dokter langsung berinisiatif untuk tetap melanjutkan proses operasi meski hanya dengan mengandalkan cahaya lampu ponsel.

"Kami harus tetap melanjutkan operasi sesegera mungkin namun ruang operasi saat itu sangat gelap," cerita Dr Nguyen Tu Tin, dokter kepala yang memimpin operasi tersebut.

Untuk mendapatkan cahaya penerangan yang memadai tim yang terdiri dari para dokter dan suster dari rumah sakit Pleiku di propinsi Gia Lai ini menggabungkan delapan ponsel mereka, walaupun cahaya yang didapat masih pas-pasan tapi operasi kembali berjalan.

"Keadaan saat itu tidak terlalu terang, namun cahaya ponsel cukup membantu kami untuk mengambil bayi sang ibu sebelum generator kembali menyala," kenang Dr Nguyen.

Insiatif dari tim operasi tersebut ternyata tidak sia-sia, karena baik ibu ataupun bayi yang dilahirkan selamat dan dalam kondisi yang sehat, bahkan mereka dapat segera meninggalkan rumah sakit.
(ash/ash)

-----
From : http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/03/tgl/23/
time/151526/idnews/757903/idkanal/398

No comments: