Wednesday, February 28, 2007

Rencana Pembangunan PLTN Muria

Setau saya PLTN Muria tetap akan dibangun,sekarang dalam masa persiapan2 nya. Baguslah, kita sudah waktunya menggunakan teknologi nuklir. Meskipun dalam pembangunannya pasti akan menelan biaya banyak, tapi secara jangka panjang mustinya lebih efisien untuk menambah Energi. Semoga listrik bisa murah, TDL turun.

Cuman yang agak dikhawatirkan adalah, orang kita, Indonesia itu agak selebor,
sehingga probabilitas terjadinya kerawanan / bencana cukup tinggi. Meskipun teknologi safety system dari Nuklir sudah maju pesat. Mungkin ada 2 hal yang bisa mengakibatkan fatal dari system ini :
1. Biaya pembangunan dikorupsi, sehingga untuk membangun malah kurang, sehingga cuman dibangun fasilitar nuklir alakadarnya, yang mungkin insecure.
2. Pelaksana Operasi ( Daily Operation - Day to day ) kurang disiplin, males belajar, ngantukan, meremehkan sinyal2 sederhana, banyak guyon , bahkan mungkin yang mustinya Reaktor nuklir malah jadi tempat mesum.

Solusinya :
1. Korupsi ya korupsi lah, tapi masalah safety jangan sampai dikorbankan, jadi sebaiknya jangan memotong anggaran tetapi lebih ke Mark Up saja.
2. Disiplin ... nah ini. Please deh.
SAYA SANGAT BERHARAP BAHWA PELAKSANA DISINI SEDAPAT MUNGKIN DARI MILITER, APAPUN ALASANNYA, SEHINGGA PUNYA DISIPLIN TINGGI, JANGAN DARI CIVIL EH SIPIL.
SEKALI LAGI :
PLEASE, BAPAK-BAPAK KALO BISA PELAKSANANYA DARI TENTARA SAJA YANG SUDAH TERBUKTI DISIPLIN TINGGI, SEDANGKAN YANG SIPIL CUKUP ILMUWANNYA.

2 comments:

InfoEnergi said...

Bagi sebagian negara berkembang, teknologi nuklir seolah menjadi hal yang menjanjikan, baik sebagai solusi pemenuhan kebutuhan energi maupun sebagai simbol penguasaan teknologi. Sayangnya, anggapan ini tidak selalu benar. Cerita pengalaman buruk beberapa negara berkembang dalam membangun PLTN dapat dibaca di infoenergi.wordpress.com.

Anonymous said...

Kalau penyelenggarannya militer malahan lebih gawat, kan gak tahu apa-apa ttg teknik. Lagian apa bener militer disiplin ? Yg korupsi besar-besaran, nembak orang dll dll siapa ? Di Swedia aja yg disiplin tinggi masih kejadian hampir gawat baru-baru ini Lihat di http://www.ski.se/se/index_english.html