Friday, January 5, 2007

Akhir Tahun 2006 ke Awal Tahun 2007

Sekitar hari Kamis minggu akhir di 2006, aku melihat tayangan di Metro TV, ada gempa besar di Taiwan, 7.1 Scala Reichter. Wah ... cukup dalam , bbrp puluh km di dasar laut, cuman pikiranku ke arah Tsunami aja.

Esok paginya aku mau upload file via email - gprs - Telkomsel, syulitttttttt banget.
Tumbennn bener pikirku, biasanya whus whus whus. Jalaslah tetep gagal upload.
Siangnya baru dapet kabar neh , ana kerusakan fiber optic di Taiwan. Pantesan ...
Malemnya , aku ke warnet, hanya bisa menggunakan emailku yang di plasa.net.

---

Malem Idul Adha, malem minggu , aku coba lagi koneksi gprs ... bisa nih, pake Agile Messenger. Tapi cuman beberapa detiks :((.
Aku coba coba lagi gak bisa, logon failed, activation rejected. Siangnya , setelah ngebantu ngurus sapi sapi, aku mo sms dan call, pake kartu AS ku tersebut. Gak bisa !! Wah network telkomsel congestion neh. Whew...

---

Dari media massa diberitakan adanya kerusakan di interkoneksi Taiwan - Korea , yang menyebabkan koneksi internet Asia cukup lumpuh. Tidak tahu kapan bisa beroperasi normal lagi ( berita waktu itu ).

Aku berpikir wah yang down Jalur keluar dari IIX nih, keliatannya cuman terkoneksi ke jalur Taiwan (via SingTel). Aneh juga neh , kalau cuman itu satu2nya jalur internet. Gak seperti desain nya DARPA, internet yang tangguh meski serangan bom nuklir. Denger2 neh ada jalur koneksi laen ke Amrik, liwat SEA-ME-WE (South East Asia-Middle East-Western Europe) kata detik.com. Tapi cuman kok gak otomatis routing ke situ ... Ya iyaaalaaah khan pertimbangan bisniz euy.

---

Berita lain, tenggelamnya KM Senopati , di susul dengan Hilangnya 747 400 nya ADAM AIR, apakah ada korelasi keduanya ? Kalo ya, hubungannya adalah badai Isobel kalee.
Memang sih , ada joke-joke lain tentang hilangnya boeing, misal : terjadi tabrakan di udara, dan pembajakan pesawat, dan spekulasi pemikiran tentang adanya cerita : ada pembajakan , mungkin membawa material berbahaya, lalu ada tindakan terhadap pembajakan itu, sehingga pesawat dilenyapkan, atauu pun kedua2nya lenyap. Tapi ya itu , hal tersebut saya masukkan saja ke category JOKE .. he he he.

Informasi lain yang mungkin benar adalah : adanya kerusakan teknis di pesawat setelah melewati makasar, mungkin semacam konslet di bagian sayap, entahlah.

Info yang aneh adalah adanya 2 ELBA, meskipun jaraknya sekitar 5 - 6 jam.
Konon ELBA mengeluarkan sinyal kalau terjadi pesawat jatuh, atau tersentuh air.

Yah marilah kita sebagai bangsa Indonesia,
mengintrospeksi diri kita masing2,
hentikan main-main .. ayo serius ( ini kalimat dari Cak Nun )

No comments: