Monday, January 23, 2006

Awal 2006 , 9 Trojan Incar Ponsel Symbian

Ni Ketut Susrini - detikInet

Jakarta, Sejak awal 2006, perusahaan anti virus telah menemukan sembilan trojan dan program pengganguu lainnya, yang mengincar ponsel bersistem operasi Symbian. Ponsel Anda terancam?
Trojan-trojan itu tampak sangat bernafsu merepotkan para pemilik ponsel. Para trojan rela melakukan berbagai upaya untuk mengusik, mulai dari menginstal software pengganggu, sampai mengirimkan data secara wireless ke perangkat lain, begitu menurut Symantec, seperti dikutip detikinet, Minggu (22/1/2006) dari CnetNews.com.
Sejak 1 Januari, Symantec menemukan lima varian "Cdropper", dua versi "Pbstealer" dan masing-masing satu varian "Sendtool" dan "Booton". Program pengganggu ini menyusup lewat Bluetooth, teknologi wireless jarak pendek yang biasa ada di smart phone.
Pbstealer berusaha mengangkut data pribadi pemilik ponsel ke perangkat lain yang terhubung Bluetooth. Data yang diangkut bisa berupa address book, ketikan di notepad, kalender dan daftar tugas.
Sementara Cdropper, berusaha menginstal varian virus ponsel yang lebih dulu muncul, yaitu Cabir dan Locknut. Ulah Booton bisa dibilang paling menyebalkan. Virus ini mampu me-restart ponsel saat dieksekusi.
Sendtool lain lagi. Trojan ini meletakkan tool yang bisa digunakan untuk mengirim program pengganggu, yang bentuknya bisa saja Trojan, ke perangkat ber-Bluetooth lainnya.
Meski jumlah serangannya banyak, Symantec mengkategorikan kualitas ancamannya 'rendah'. Symantec mengaku sudah menemukan sejumlah kasus penginfeksian, tapi jumlahnya sedikit. Kebanyakan Trojan baru menginfeksi, jika pemilik ponsel mengeksekusi kiriman file yang dikirim melalui Bluetooth.
Virus sudah menjadi ancama bagi ponsel, sejak kemunculan Cabir pada tahun 2004. Virus yang menyebar selama ini, mengincar ponsel bersistem operasi Symbian. Tak heran jika Symbian jadi sasaran, karena sistem operasi ini dipakai di sekitar dua per tiga smart phone yang beredar di dunia.
Kuartal ketiga tahun 2005, ada 12,6 juta unit smart phone yang dilempar ke pasaran. Angka tersebut menggambarkan kenaikan tahunan sebesar 210 persen, begitu disebutkan Gartner. Persentase smart phone dibanding ponsel biasa juga meningkat jadi 6,1 persen, dari 2,4 persen di tahun sebelumnya.(nks)

CYBER COMMUNITY, community for all

No comments: