Wednesday, April 6, 2005

Perjalanan Bahasa Indonesia

lumayan buat info & refreshing...bener ato nggak tidak dijamin... :)

Nih Yee...
Ucapan ini terkenal di tahun 1980-an, kalau tidaksalah tepatnya November 1985 pertama kali diucapkan oleh pelawak Diran, kemudian dijadikanbahan lelucon oleh Euis Darliah...
Memble dan KeceIni adalah ciptaan khas Jaja Mihardja, di tahun1986 kemudian di mainkan dalam Film Membletapi Kece yang diperankan oleh Jaja Mihardjasendiri dan Dorce Gamalama.

Booo........
Ini ucapan populer di pertengahan awal 90-an,pertama dipoplerkan oleh grup GSP, kalau nggaksalah Hennyta Tarigan dan Rina Gunawan yangpertama kali mengucapkan, kemudian kata-kata inipernah di ucapkan dalam lenong rumpi, tapi kata-kata ini populer dalam lingkungan pergaulan dikalangan artis, Titi DJ-lah orang benar-benarmempopulerkan ucapan ini.

Nek...
Setelah kata-kata Boo... tak lama kemudianmuncul kata-kata Nek... bagi generasi yang SMA-nya di pertengahan 90-an pasti mengalamibagaimana populernya kata-kata ini, UcapanNek...pertama kali di ucapkan oleh Budi Hartadiseorang remaja di kawasan kebayoran yang tinggalsama neneknya, makanya dia sering ngucapinNek... kebetulan dia latah jadinya setiap ngomongdia ngucapin Nek...Nek...eh lo mau ke menong,Nek itu contohnya si Budi kalo ngomong ketemennya, si Budi ini seneng gaul di wilayahTjokro, Menteng ...nah kebetulan ada bancimenteng yang denger, kemudian si Banci itungikutin kata-kata si Budi, so... banyak Bancingomong gaya Budi, jadi banyak orang mengirakata-kata ini di populerkan oleh para Banci.

Jayus
Di akhir dekade 90-an dan di awal abad 21, ucapanJayus sangat populer, kata ini artinya lawakanyang nggak lucu, garing atawa tingkah laku yangmau ngelucu tapi nggak lucu orang yangmengucapkan ini adalah kelompok anak SMU yang bergaul di kitaran Kemang, konon adaseseorang bernama Herman Setiabudhi, diadipanggil temen-temennya Jayus, soalnyaBapaknya bernama Jayus Kelana seorang pelukisdi kawasan Blok M. Si Herman alias Jayus inikalau ngelawak nggak pernah lucu, temannya yangbernama Sonny Hassan alias Oni Acan seringngomentarin tiap lawakan yang nggak lucu denganceletukan Jayus, ucapan Oni Acan inilah yang kemudian diikutitongkrongannya di daerah Sajam,Kemang lalu kemudian merambat populer dilingkungan PL, dan anak-anak SMU sekitarMelawai. Puncaknya pas ada acara PL Fair2000kata-kata Jayus ini banyak di ucapkan.

Jaim
Ucapan Jaim ini di populerkan oleh Bapak Drs.Sutoko Purwosasmito, seorang pejabat di sebuahdepartemen, yang selalu mengucapkan kepadaanak buahnya untuk menjaga tingkah laku, padasuatu hari Pak Pur, begitu ia sering dipanggil,berpidato di hadapan anak buahnya untuk Jaim,inilah kutipan kata-katanya saudara-saudarasebagai pegawai negeri kita harus Jaim, apa ituJaim Jaim itu yah...Jaga Imej itulah awal kata-kata Jaim itu populer, kemudian seorang anakbuah Pak Pur, Bapak Dharmawan Sutanto, yangpunya anak bernama Santi Indraswara, pernahmemarahi Santi untuk gak terlalu ngumbar amatemen-temen cowoknya San...kamu kalo jadicewek harus Jaim..!!!! Santi bengong denganmuka begonya dia nanya Pa...Jaim it! u apaseh..? Pak Dhar langsung keluar kamar Santisembari ngomong Jaim itu Jaga Imej... Santiyang masih bengong cuman ngucapin ooooh.Nah hari seninnya Santi pas upacara bendera diaditugaskan jadi pembaca UUD 1945, diakhir katadia gak sengaja ngucapin Jaim doooong........Kepala Sekolahnya langsung noleh ke Santi dannanya ke Santi apa tuh Jaim Santi dengan santaijawab Jaga Imej...Pak eh Kepala Sekolah denganmuka bego juga cuman ngucapin Ooohh..

Gitu Loooooooooohhh........(GL)
Kata GL pertama kali diucapin oleh Gina Natashaseorang remaja SMP di kawasan Kebayoran, Ginaini punya kakak bernama Ronny Baskara seorangpekerja event organizer, nah si Ronny ini punyatemen kantor bernama Siska Utami, pada suatusaat Siska bertandang ke rumah Ronny, pas diaketemu si Gina, Siska nanya Kakakmu mana siGina ngejawab di kamar, Gitu Loooohhh.. teruspas di tanya lagi Eh Gina kelas berapa ! sekarangsi Gina ngejawab Kelas dua SMP Gitu looohhh..Yah namanya tamu, Siska trus nanya Gina, kalauyang benerin genteng bocor siapa seh? Ginangejawab Siapa aja ..Gitu Looohhh sampaisebelas pertanyaan selanjutnya si Gina ngejawbdengan kata-kata Gitu Looohh... Esoknya si Siskadi kantor ikut-ikutan latah dia ngucapin kata GituLoooohhh...di tiap akhir kalo dia ngomong.

Lembaga Penelitian Bahasa
Departemen Pendidikan Nasional

No comments: